Tips Mengunggah Foto Bayi Agar Terhindar Dari Kejahatan

Tips Mengunggah Foto Bayi Agar Terhindar Dari Kejahatan

Akhir-Akhir ini kita dihebohkan dengan foto bayi yang diunggah di media sosial untuk diperjualbelikan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Para orang tua yang foto anaknya “dicuri” menjadi kalang kabut dan akhirnya melapor pada pihak berwajib.

Kejadian tersebut bermula dari para orang tua yang memposting foto bayi ke media sosial. Karena rasa bangga terhadap anaknya, mereka pun “memamerkan” anaknya untuk dinikmati publik. Tetapi para orang tua ini lupa akan keamanan media sosial sehingga terjadi hal yang tidak diinginkan.

Untuk mengindari terjadinya tindak kejahatan di media sosial, berikut beberapa tips mengunggah foto buah hati di media sosial versi siloka.com;

1. Buat daftar pertemanan
Membuat daftar pertemanan sesuai dengan keinginan kita, dan mengaturnya sesuai kategori. Jika kita melakukannya di Facebook, teman-teman kita tidak akan mendapatkan notifikasi apabila tidak ditambahkan ke dalam daftar pertemanan.

Begitu juga di media sosial lainnya seperti Instagram dan Path. Lebih baik lagi apabila kita menerima orang-orang yang kita kenal saja sehingga kita tau siapa saja yang dapat melihat postingan kita di media sosial tersebut.

2. Pilih kepada siapa saja kita ingin berbagi foto anak kita
Setelah membuat daftar pertemanan berdasar kategori, kita juga dapat memilih daftar teman yang dapat melihat postingan baru. Pada Facebook, kita dapat memilih audiens pada menu yang terdapat di postingan kita. Untuk Instagram, kita dapat memilih kepada siapa saja kita ingin berbagi foto-foto menggunakan “Instagram Direct”. Sedangkan di Path, bisa menggunakan fasilitas “Inner Circle” untuk membatasi orang yang dapat melihat postingan kita.

3. Ambil bagian untuk mengatur privasi kita
Dalam Instagram, kita dapat mengunci akun kita supaya tidak sembarangan orang dapat mengikuti akun ataupun melihat foto-foto kita. Pilih menu “Profile,” kemudian pilih “Edit Your Profile” lalu telusuri ke bagian bawah untuk melihat apakah pilihan “Posts are Private” telah diaktifkan atau tidak.

4. Jangan memasang foto anak tanpa busana
Siapa yang tidak gemas melihat anak balita yang sedang mandi atau tanpa busana? Banyak orang yang menyukainya karena terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Tetapi, memposting foto balita tanpa busana atau hanya menggunakan pakaian dalam sangat tidak disarankan. Karena hal ini berpotensi membahayakan anak kita sendiri. Anak bisa menjadi target dari pelaku pedofil atau predator. Jadi sebaiknya dipikirkan kembali jika ingin memposting foto anak kita.

5. Hindari memasang status lokasi detail
Kebiasaan yang sering dilakukan para orang tua ketika berpergian bersama anak, entah diluar rumah maupun di dalam rumah; selain mengunggah foto, mereka juga memberikan lokasi secara detail pada foto tersebut. Kebiasaan ini sebaiknya dikurangi karena hal tersebut dapat memancing tindakan penculikan terhadap anak. Sebaiknya, para orang tua tidak menuliskan nama lengkap anak maupun lokasi secara detail jika ingin memposting sesuatu di media sosial.

6. Jaga keamanan akun
Semua orang tua pasti akan melindungi anaknya. Hal ini pun berlaku juga di dunia maya. Sehingga mulai sekarang pastikan kita memiliki password yang aman, log out akun jika sudah selesai menggunakannya dan aktifkan login approvals.

7. Berikan komentar positif
Satu hal yang patut dijaga dalam penggunaan media sosial adalah komentar terhadap foto yang kita posting dan memberi komentar pada postingan orang lain. Sebaiknya gunakanlah komentar yang positif, jangan menggunakan komentar negatif atau mengejek. Hindari pula menggunakan icon atau tokoh kartun dengan karakter negatif sebagai julukan kepada anak. Karena jika orang yang bersangkutan tidak berkenan akan komen kita tersebut, maka bisa berbahaya juga buat kita.

Jadikanlah media sosial sebagai tempat positif untuk memberikan informasi yang bermanfaat.*

 

 

Comments

About author

You might also like

Artikel

Tim Hunt; Peraih Nobel dan Candaan yang Buruk Soal Perempuan

Peraih nobel fisiologi harus mengundurkan diri dari University of College London karena candaannya mengenai perempuan.

Artikel

Charlotte Elizabeth Diana Puncaki Trending Topik

Semenjak Diumumkannya nama dari Royal Princess, putri dari pangeran William dan Kate Middletone ke publik Charlotte Elizabeth Diana langsung memuncaki trending topic dunia di twitter. Rasa penasaran publik Inggris yang beberapa hari

Gaya Hidup 0 Comments

Batu Akik Baturaja : Cenderamata KAA Untuk Para Kepala Negara

Peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60 tinggal menghitung hari. Perhelatan besar ini akan dipusatkan di Bandung, yang dahulu dijuluki ibukota “Asia Afrika.”Selain nilai historisnya, tentu yang tak kalah menarik adalah pernak-pernik