UNPAD Menjadi Kampus Terfavorit

UNPAD Menjadi Kampus Terfavorit

Universitas Padjadjaran Bandung memang selalu memiliki daya tarik bagi para pelajar sekolah menengah atas yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Hal ini dapat lihat dari jumlah pendaftar di kampus ini pada tahun 2015. Peminat Universitas Padjadjaran (Unpad) yang mendaftar melalui jalur tertulis atau SBMPTN mencapai 85.879 orang dari seluruh Indonesia. Angka ini mengalahkan Universitas Hasanuddin yang menempatkannya berada di peringkat kedua terfavorit dengan jumlah peminat 75.155. Sedangkan di peringkat ketiga ada Universitas Brawijaya dengan 73.558 peminat.

Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan Unpad menjadi terfavorit dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Menurut Siloka.com, inilah mengapa;

  1. Unpad berada di Kota Bandung
    Kita tahu bandung adalah surganya kaum muda, dan Unpad selalu diidentikan dengan kota Bandung. Faktor ini bisa dibilang menjadi faktor daya tarik yang utama. Berada atau dekat dengan kota yang dikenal dengan ‘Paris Van Java’ tersebut membuat kaum muda atau pelajar, terutama dari luar Bandung, tertarik untuk ingin bergabung dengan Almamater biru gelap ini. Padahal, mayoritas Program Studi Strata Satu (S1) Unpad berada di Jatinangor yang masuk ke dalam Kabupaten Sumedang. Kecuali Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi yang masih berada di Kota Bandung.
  1. Jawa Barat merupakan provinsi dengan penduduk paling banyak
    Posisi Unpad yang berada di Jawa Barat dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia menjadi salah satu penyebabnya. Masuk akal dan berbanding lurus jika banyak juga yang berminat untuk masuk di universitas ini, ditambah dengan Unpad yang memprioritaskan pelajar yang berasal dari Jawa Barat.
  1. Udara yang sejuk dan daerah wisata
    Jatinangor dan Bandung sama-sama memiliki udara yang sejuk. Tidak begitu panas dan juga dingin membuat orang betah untuk berada di wilayah ini. Selain itu juga dekat dengan daerah-daerah wisata seperti Lembang, Ciwidey, dan lainnya.
  1. Tidak ada lagi jalur mandiri
    Sejak tahun 2013 Universitas yang terbentuk sejak tahun 1957 ini tidak lagi membuka jalur mandiri atau yang lebih dikenal dengan Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) untuk Program Studi S1. Dengan tidak dibukanya SMUP ini maka Unpad hanya menerima mahasiswa lewat dua jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Harapan para pelajar untuk lulus di kampus ini tentunya semakin besar pula dibanding dengan beberapa kampus ternama yang masih membuka jalur mandiri untuk penerimaan mahasiswa S1-nya.

Itulah beberapa kemungkinan diantara banyaknya faktor-faktor yang membuat Unpad menjadi terfavorit. Namun yang pasti hal paling utamanya adalah nama besar dari Universitas Padjadjaran yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia yang telah menghasilkan orang-orang hebat di Republik ini.*

Comments

About author

You might also like

Tokoh

Aylan Kurdi, Bocah Suriah Yang Membuat Dunia Menangis

Konflik Suriah terus berkepanjangan. Gelombang pengungsi berdiaspora ke mana-mana. Adalah Aylan Kurdi membuat dunia menangis,

Artikel

Perang Tomat, Ritual Mensyukuri Hasil Bumi

Perang kali ini tidak berdarah-darah. Perang ini juga tidak terjadi di luar negeri, namun di Indonesia, tepatnya di Lembang, Jawa Barat

Makanan

Hati-Hati Jika Upload Foto Makanan di Media Sosial

Hakim Pengadilan Federal Jerman memutuskan bahwa gambar atau foto makanan artistik menjadi hak milik para penciptanya.